Sabtu, 10 Januari 2009

KEPERAWATAN KOMUNITAS DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN MASYARAKAT MENUJU INDONESIA SEHAT 2010

Masyarakat merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam mensukseskan pembangunan kesehatan. Masyarakat bisa sebagai subyek sekaligus sebagai objek pembangunan kesehatan. Sebagai subyek ikut berperan aktif dan sebagai objek adalah penerima pelayanan kesehatan.
Peran serta yang dimaksud adalah suatu sikap kemandirian untuk memenuhi kebutuhan kesehatannya. Mandiri dalam bidang kesehatan adalah tahu terhadap masalah kesehatan, mau dan mampu mengatasi masalah kesehatan tersebut. Sikap mandiri tidak tumbuh dengan sendiri namun ditopang dari pengalaman belajar. Setidaknya ada petunjuk yang bisa digunakan untuk membangun kemandirian. Permasalahannya adalah kapan penanaman sikap mandiri tersebut sehingga kesehatan bisa optimal.

Sehubungan dengan hal tersebut maka disinilah peran penting seorang perawat komunitas.
Agar kemandiriam kesehatan yang optimal dapat terbentuk, seorang perawat komunitas adalah mengarahkan, memotivasi, memperlancar dan mengevaluasi proses belajar kemandirian masyarakat.
Perawat komunitas dalam hal pemberdayaan kemandirian masyarakat berperan sebagai pendidik kesehatan, pemberi pelayanan kesehatan, penemt kasus, koordinator atau penghubung konselor, model pemodikasi lingkungan, konsultan, pembaharu (change agent), manajer kasus, advokat dan peneliti.
Bentuk dari peran tersebut salah satunya adalah tpaya perawatan kesehatan masyarakat yang meliputi upaya peningkatan kesehatan (promotif), upaya pencegahan penyakit (preventif), upaya pemeliharaan kesehatan dan pengobatan (curative), upaya pemulihan kesehatan (rehabilitative), dan resosialitatif.
Dalam memberikan asuhan keperawatan kesehatan masyarakat, kegiatan yang ditekankan adalah upaya promotif dan preventif dengan tidak melupakan upaya kuratif, rehabilitatif dan resosialitatif.
Bentuk kegiatan lain yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat adalah Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) seperti posyandu, dan sekarang lagi digalakkan adalah pembentukan Desa Siaga yang nantinya akan berkembang menjadi Desa Sehat.
Banyak kegiatan lain yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan kemamdirian masyarakat namun pada dasarnya peran perawat komunitas adalah menumbuhkan sikap kemandirian masyarakat agar tahu, mau dan mampu memunculkan hasrat untuk meningkatkan derajat kesehatannya seperti kegiatan perawatan kesehatan masyarakat dan kegiatan UKBM.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum
    Apa kabar? sebelumnya nanya dulu..
    apa anda lulusan akper depkes yogya thn 1995? temennya sihabudin?? kalau iya...berarti anda temenku juga..
    Saya imam handoko, orang cilacap, dulu kita sering main komputer bareng, apa anda masih ingat?
    eh.. tapi kalau salah lupakan saja koment ini..berarti nggak nyambung
    tapi kalau betul..ini emailku: imamhk@yahoo.com

    Salam sukses selalu

    BalasHapus