Rabu, 11 November 2009

Lingkungan sehat rakyat sehat

Pembangunan kesehatan nasional di dalam Sistem Kesehatan Nasional bertujuan agar setiap penduduk mampu mencapai derajat kesehatan yang optimal sebagai perwujudan kesejahteraan umum. Dalam uraiannya pembangunan kesehatan nasional adalah sebagai berikut :
1. Bahwa pembangunan kesehatan harus dapat mencapai mutu dan lingkungan yang optimal sehingga mampu mewujtdkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya meliputi kesehatan badaniah, rohaniah serta kehidupan yang sejahtera dan bukan hany keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan.
2. Bahwa pembangunan kesehatan nasional merupakan bagian integral dari program pembangunan nasional.
3. Bahwa pembangunan kesehatan nasional adalah upaya kesehatan yang perlu diarahkan kepada menggali dan mengembangkan potensi yang ada di masyarakat, agar masyarakat mampu memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka melalui usaha sendiri serta mengembangkan untuk dapat mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Upaya mencapai tujuan pembangunan kesehatan nasional setiap tahunnya diarahkan untuk satu kebulatan tekat dan dicetuskan sebagai tema perayaan Hari Kesehatan Nasional yang dirayakan setiap tanggal 12 Nopember. Untuk tahun 2009 tema yang diangkat adalah "Lingkungan Sehat Rakyat Sehat"
Program pembangunan kesehatan yang dilaksanakan telah berhasil meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara cukup bermakna, walaupun masih dijumpai berbagai masalah dan hambatan yang akan mempengaruhi pelaksanaan pembangunan kesehatan. Salah satu fenomena utama yang berpengaruh terhadap pembangunan kesehatan adalah perubahan lingkungan yang berpengaruh terhadap derajat dan upaya kesehatan.

Apa yang dimaksud dengan lingkungan ?
Lingkungan adalah segala sesuatu yang mempunyai hubungan langsung dengan hidup organisme atau manusia. Atau dengan kata lain adalah dunia dengan segala aspeknya yang selalu berhubungan dengan kita, misalnya keadaan tempat, iklim, orang dan sebagainya.
Lingkungan bisa diartikan apa-apa yang ada disekitar kita.Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita, baik berupa benda hidup, benda mati, benda nyata ataupun abstrak termasuk manusia lainnya. Serta suasana yang terbentuk karena terjadinya interaksi diantara elemen-elemen dialam tersebut
Faktor-faktor yang termasuk kedalam faktor lingkungan adalah :
1. Faktor fisik, misalnya geografi, dataran tinggi, daerah rawa dan musim.
2. Faktor biologis, misalnya tumbuh-tumbuhan, faktor perantara (lalat, nyamuk, kecoa) dan binatang berbisa.
3. Sosial ekonomi meliputi perkembangan ekonomi, struktur sosial, politik dan keadaan penduduk.
Ditinjau dari luasnya lingkup,maka lingkungan dapat dibagi menjadi 3 kelompok dasar:
• Lingkungan Rumah Tangga atau mikro (Mikro environtment)
• Lingkungan Khusus atau lingkungan kerja (Meso environtment)
• lingkungan luas atau makro (makro environtment)
Dengan membagi semua masalah lingkungan dalam tiga kelompok ini diharapkan upaya penanganan dapat dilakukan dengan lebih terarah.

Apa yang dimaksud dengan sehat ?
Ada beberapa batasan menurut para ahli tentang sehat.
1. Pengertian dari WHO menyebutkan bahwa sehat berarti keadaan yang sempurna dari fisik, mental dan sosial, tidak hanya bebas dari penyakit atau cacat. Sebagai contoh seorang yang luka dan meningglkan parut menurut batasan ini tidak sehat. Seseoran yang tidak mampu berkomunikasi dengan baik, cepat tersingug dan marah maka orang ini dianggap tidak sehat.
2. Menurut Perkin's sehat adalah keadaan keseimbangan yang dinamis antara bentuk tubuh dan fungsinya yang dapat mengadakan penyesuaian sehingga tubuh dapat mengatasi gangguan dari luar.
3. Sehat adalah keadaan seseorang yang dapat memenuhi kebutuhan pokoknya sebagai umat manusia sesuai dengan tingkat dan derajatnya masing-masing.
4. Sehat adalah keadaan seseoraug yang dapat menguasai keadaan lingkungan tanpa menimbulkan ketegangan dan tekanan serta tidak menimbullan ketegangan dan tekanan serta tidak menimbulkan ketidakseimbangan pada dirinya.

Apa yang dimaksud dengan Rakyat ?
Rakyat adalah orang-orang atau masyarakat yang menempati suatu wilayah atau lokasi yang di atur oleh penguasa atau pemerintah. Antara rakyat dan pemerintah ada hubungan yang saling membutuhkan sehingga apabila tidak ada keseimbangan maka akan terjadi ketidakharmonisan.

Apa yang dimaksud dengan lingkungan sehat ?
Lingkungan sehat adalah suatu kondisi dimana lingkungan tidak menyebabkan atau tidak mendukung terjadinya suatu penularan penyakit...lingkungan tidak sehat adalah kebalikan dari lingkungan sehat
Lingkungan sehat mencakup banyak aspek, tidak hanya sebatas pada lingkungan di sekitar rumah, tetapi semua yang ada di sekililing kita, seperti pasar, tempat pembuangan sampah, tempat dan cara pengelolaan makanan, pernyediaan dan ketersediaan air bersih dan air minum, dan lain sebagainya bahkan sampai pada aspek perilaku manusianya sebagai bagian dari lingkungan itu sendiri..
Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih sekitarnnya,dan udaranya yang nyaman,tdk mengandungi bau,asap.lingkungan yg kurang sehat adalah lingkungan yg suasananya kurang nyaman ,dari segi udara,kebersihanya.dan mudah terserng penyakit.

Bagaimana hubungan lingkungan sehat dengan rakyat sehat ?
Sustainable development atau pembangunan berwawasan lingkungan pada dasarnya adalah pembangunan yang mampu membawa rakyat secara merata memperoleh kebutuhan hidupnya. Dalam arti terpenuhi kebutuhan materiil dan spiritual termasuk kualitas lingkungan yang layak huni tanpa terkena derita penyakit menahun dan makin subur sebagai sumber daya alam untuk kelangsungan kehidupan generasi penerusnya.
Hygiene atau sanitasi lingkungan adalah pengawasan lingkungan fisik, biologis, social atau ekonomi yaitu mempengaruhi kesehatan manusia dimana lingkungan yang berguna ditingkatkan dan diperbanyak sedangkan yang merugikan diperbaiki atau dihilangkan.
lingkungan yang sehat dan tidak sehat kalau di masyarakat diliat dari tingkat kesehatan warganya dari berbagai penyakit, seperti DBD, ISPA, dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus, atau bakteri.

Semakin tinggi tingkat kesehatan masyarakat berarti lingkungannya sehat
semakin rendah tingkat kesehatan masyarakat berati lingkungannya tidak sehat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar