Minggu, 13 Desember 2009

Operasi Katarak Gratis di Kab.Hulu Sungai Tengah

Barabai adalah ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang secara geografis terletak di utara Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Jaraknya 160 km dari Banjarmasin, sekitar 4 jam mengenderai mobil. Barabai adalah kota sejuk karena berada di kaki Gunung Pagat yang merupakan salah satu bukit di Pegunungan Meratus yang membujur dari seletan ke utara. Apam Barabai adalah makanan khas yang cukup terkenal di kota ini.
Barabai memiliki luas wilayah 1.472 km` dan mempunyai 11 kecamatan, motto "Murakata".
Suku asli adalah Suku Banjar yang terdapat di seluruh kecamatan dan Suku Dayak Bukit yang bermukim di kecamatan Batu Benawa.
Kota Barabai berdiri/lahir pada tanggal 24 Desember 1959 dengan dasar Hukum UU No 27 tahun 1959.

Untuk memperingati hari jadi kota Barabai ke 50 Pemda HST dengan di koordinir Dinkes Kab.HST mengadakan operasi katarak gratis bekerjasama dengan PT.Adaro Indonesia. Sekrening penderita katarak dilaksanakan oleh Tim Katarak PT.Adaro Indonesia di 3 lokasi, yaitu :
1. Puskesmas Barabai pada tanggal 3 Desember 2009. Jumlah penderita yang disekrening 75 orang dan penderita yang bisa di operasi berjumlah 15 orang.
2. Puskesmas Birayang pada tanggal 4 Desember 2009. Jumlah penderita yang disekrening 41 orang dan yang bisa di operasi berjumlah 8 orang.
3. Puskesmas Pantai Hambawang pada tanggal 5 Desember 2009. Penderita yang disekrening berjumlah 63 orang dan yang bisa di operasi berjumlah 14 orang.
Pelaksanaan operasi dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 10 Desember 2009 bertempat di ruang operasi Rumah Sakit Damanhuri Barabai. Penderita yang di operasi berjumlah 30 orang dari 37 penderita yang seharusnya bisa di operasi. 7 penderita yang tidak bisa dioperasi dikarenakan sakit (batuk, sesak napas, hipertensi, naiknya tekanan bola mata). Dokter yang melakukan operasi adalah dokter spesialis mata Rumah Sakit Damanhuri Barabai. Pelaksanaan operasi berjalan lancar.
Harapan ka Dinkes Kab.HST operasi ini dapat berkesinambungan ke tahun-tahun berikutnya.

Sumber :
www.wikipedia.org/wiki/Barabai
www.wikipedia.org/wiki/Kab_Hulu_Sungai_Tengah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar