Kamis, 03 Desember 2009

Senam Lansia

A. Pendahuluan

Usia lanjut atau lanjut usia bukanlah merupakan suatu penyakit, meskipun hal tersebut dapat menimbulkan masalah sosial. Di beberapa negara, terutama di negara-negara maju umur harapan hidup telah bertambah panjang sehingga warga-warga yang berusia lebih dari 65 tahun juga bertambah.
Tanda-tanda masa tua disertai dengan adanya kemunduran-kemunduran kemampuan kerja panca indera, gangguan fungsi alat-alat tubuh, perubahan psikologi serta adanya berbagai penyakit. Dengan banyaknya perubahan yang terjadi pada lansia banyak pula masalah kesehatan yang dihadapi. Untuk mempertahankan kesehatan perlu adanya upaya-upaya baik besifat perawatan, pengobatan, pola hidup sehat dan juga upaya lain seperti senam lansia.

B. Pengertian, jenis dan manfaat senam lansia

Senam lansia adalah olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan yang diterapkan pada lansia. Aktifitas olahraga ini akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, memdorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh.
Jenis-jenis senam lansia yang biasa diterapkan, meliputi :
1. Senam kebugaran lansia
2. Senam otak
3. Senam osteoporosis
4. Senam hipertensi
5. Senam diabetes mellitus
6. Olahraga rekreatif/jalan santai.
Semua senam dan aktifitas olahraga ringan tersebut sangat bermanfaat untuk menghambat proses degeneratif/penuaan. Senam ini sangat dianjurkan untuk mereka yang memasuki usia pralansia (45 thn) dan usia lansia (65 thn ke atas).
Senam lansia disamping memiliki dampak positif terhadap peningkatan fungsi organ tubuh juga berpengaruh dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia setelah latihan teratur. Tingkat kebugaran dievaluasi dengan mengawasi kecepatan denyup jantung waktu istirahath yaitu kecepatan denyut nadi sewaktu istirahat. Jadi supaya lebih bugar, kncepatan denyut jantung sewaktu istirahat harus menurun (Poweell, 2000)
Dengan mengikuti senam lansia efek minimalya adalah lansia merasa berbahagia, senantiasa bergembira, bisa tidur lebih nyenyak, pikiran tetap segar.

C. Permasalahan dan upaya pemecahannya

Permasalahan yang biasanya terjadi yang merupakan hambatan dalam melakukan senam lansia adalai rasa bosan. Perasaan ini wajar saja dan muncul mungkin dikarenakan tidak adanya variasi senam. Untuk itu macam atau jenis senam yang dilakukan sebaiknya selalu bervariasi/berganti-ganti. Misalnya pada minggu pertama melakukan senam kebugaran dan minggu selanjutnya jenis senam osteoporosis dan seterusnya dilakukan secara bergiliran.
Musik juga mempengaruhi, sehingga peserta senam lansia menyukai musik tertentu yang memungkin tumbuh semangat para lansia ketika melakukan senam lansia.

D. Penutup

Lansia bukanlah suatu penyakit, tetapi lansia mempunyai banyak masalah kesehatan. Senam lansia adalah salah satu upaya untuk mempertahankan dan memelihara kesehatan.


Sumber :
Depkes RI, 1985, TATA LAKSANA PERAWATAN KESEHATANT MASYARAKAT, JAKARTA
www.indonesianursing.com/2008/01/18/ma.,.
www.jawapos.co.id/evergreen/
www.sahabatlansia.blogspot.com

4 komentar:

  1. Bagus sekali gan artikelnya. cocok sekali senam lansia ini untuk para lansia. apalagi lansia yang memiliki penyakit asam urat, diabet, dsb. makasih gan atas informasinya y^^

    BalasHapus
  2. Menarik gan artikelnya.... hmmm ngomong2 ada yg tau gk tempat jual baju senam murah di daerah surabaya ??? ane tunggu ya infonya... :)

    BalasHapus
  3. bermanfaat banget infonya untuk para lansia, untuk lansia kalao pengen pake baju senam murah khusus lansia, sprti apa yang sebaiknya dipilih ya?

    BalasHapus
  4. Menarik gan artikelnya dan sangat membantu.... hmmm ngomong2 soal baju senam ada yg tau gk Trend baju senam terbaru saat ini di daerah surabaya ???
    Mohon pencerahannya...

    BalasHapus