Minggu, 28 Agustus 2011

LAPORAN KEGIATAN PENYULUHAN KESEHATAN REMAJA PUSKESMAS AMUNTAI SELATAN



A. Pendahuluan

Remaja didefinisikan sebagai masa peralihan dari kanak-kanak ke masa dewasa. Batasan usia remaja menurut WHO adalah 10 s/d 19 th Namun jika pada usia remaja sudah menikah maka ia sudah tergolong dalam kelompok dewasa. Sebaliknya jika usia remaja sudah dilewati tapi masih tergantung pada orang tua maka ia masih digolongkan dalam kelompok remaja
Anak sekolah tingkat SLTP/SLTA memasuki usia remaja di mana pada masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan yang pesat baik fisik, psikologis maupun intelektual dengan permasalahan-permasalahan yang begitu komplek.
Oleh sebab itu masa remaja merupakan tahap penting dalam siklus kehidupan manusia. Dikatakan penting karena merupakan peralihan dari masa anak yang sangat tergantung kepada orang lain ke masa dewasa yang mandiri dan bertanggung jawab.
Di samping itu, masa ini juga mengandung resiko akibat suatu masa transisi yang selalu membawa cirri-ciri tertentu, yaitu kebimbangan, kebingungan dan gejolak remaja seperti masalah seks, kejiwaan dan tingkah laku eksprimental ( selalu ingin mencoba)
Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu diadakan kegiatan penyuluhan untuk memberikan pengetahuan tentang remaja dan permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan.


B. Tujuan
Secara umum tujuan yang diharapkan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa tentang kesehatan remaja.

C. Sasaran
Sasaran dari kegiatan penyuluhan ini adalah siswa-siswi MAN 3Amuntai Selatan, MTsN Amuntai Selatan, MTsS As-Salam Mamar, SMPN1Kota Raja, SMPN 3 Kayakah, SMPN 4 Simpang 4, MTsS Nurul Hidayah Kota Raja, MTsS Panyiuran, SMPN 2Banyu Hirang.

D. Tempat, Waktu Pelaksanaan dan Jumlah Peserta

1. MAN 3 Amuntai Selatan : 4 April 2011 : 25 siswa
2. MTsN Amuntai Selatan : 5 April 2011 : 40 siswa
3. MTsS As-Salam Mamar : 6 April 2011 : 20 siswa
4. SMPN 1Kota Raja : 9 April 2011 : 25 siswa
5. SMPN 3 Kayakah : 11 April 2011 : 36 siswa
6. SMPN 4 Simpang Empat : 12 April 2011 : 40 siswa
7. MTsS Nurul Hidayah Kota Raja : 18 April 2011 : 40 siswa
8. MTsS Panyiuran : 25 April 2011 : 25 siswa
9. SMPN 2 Banyu Hirang : 26 April 2011 : 33 siswa

E. Petugas
1. H.Mahyuliansyah, S.Kep
2. Muhammad Yamani, SKM
3. Noor Afyati Rahmi, SKM

F. Materi Penyuluhan
1. Remaja dan permasalahannya
2. Peran siswa dalam menanggulangi masalah kesehatan remaja
3. Puskesmas Peduli Remaja

G. Hasil
Siswa mengerti tentang remaja dan permasalahannya dan bersedia melakukan / berperan dalan upaya mengatasi permasalahan kesehatan remaja.


I. Penutup

Demikian laporan kegiatan penyuluhan dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar