Rabu, 10 Juni 2009

POKOK-POKOK KEGIATAN KEPERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT

1. Asuhan Langsung
Asuhan keperawatan yang dilaksanakan pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Kegiatan meliputi penentuan kebutuhan klien, merencanakan intervensi keperawatan, melaksanakan intervensi dan menilai hasilnya. Kegiatan utama yaitu upaya promotive dan preventive tanpa mengabaikan upaya kuratifmdan rehabilitative.
2. Penyuluhan Kesehatan
Dilaksanakan ditiap tingkat pelayanan kesehatan masyarakat. Kegiatan melalui jalur formal dan nonforma. Penyuluhan secara nonformall merupakan cara yang efektif, tetapi terselubung dimana contoh perilaku sehat dari perawat yang kemudian dijadikan panutan.


3. Konselimh dan pemecahan masalah.
Kegiatan konseling membawa klien kea rah proses pemecahan masalah dimana keputusan ditentuka oleh klien.
4. Rujukan.
Jika masalah tidak dapat diselesaikan maka perawat bertanggung jawab melakuka tindakan rujukan jika perlu menangani tindak lanjutnya.
5. Asuha Komunity.
Kegiatan meliputi pengenalan komunity, perencanaan, intervensi dan penilaian. Penerapan proses keperawatan dengan masyarakat sebagai klien.
6. Penemu Kasus.
Kegiatan mengamati dan mendetiksi keadaan serta tanda-tanda dini maalah kesehatan melalui hubungan atau kontak terus-menerus dengan klien sebagai penerapan metode epidemiologi.
7. Penghubung
Keperawatan kesehatn masyarakat merupakan mata rantai antar individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan pelayanan kesehatan yang diperlukan.
8. Koordinasi
Karena ada kontak langsung dengan klien, sering harus bertindak sebagai koordinator dari berbagai pelayanan untuk klien. Karena perawatan kesehatan masyarakat melihat klien secara ,menyeluruh dengan tiap permaslahan yang ada.
9. Kerjasama.
Bekerjasama denga n tim kesehatan yang lain dan pengambilan keputusan bersama klien, tujuan dan rencana juga ditentukan bersama.
10. Advokasi
Sebagai penasehat/pembela untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
11. Bimbingan dan Pembinaan
Supervisi dilakukan terhadap tenaga masyarakat yang membantu atau kader, siswa melalui jadwal kerja, pembagian tugas, dsb. Merupakan funsi administrative yang berkaitan dengan kegiatan.
12. Rencana Lepas Asuhan
Kegiatan ini mengarah kepembuatan rencana lepas asuhan dala m hubungan dengan keperawatan tindak lanjut yang dilakuka di rumah keluarga maupun masyarakat dimana diperlukan suatu kerjasama dengan tenaga lain dan anggota keluarga atau masyarakat.
13. Pelimpahan wewenang.
Dilakuka terhadap pasien rawat jalan yaitu pendelegasian dokter ke perawat.
14. Role Model
Perawat kesehatan Masyarakat seyogyanya menjadi panutan bagi tiap individu, keluarga, kelompok dan masyarakat sesuai dengan peran yang diharapkan. Perbiuatan sesuai denga apa yang diucapkan, dituntut berperilaku sehat jasmani dan rohani.
15. Penelitian
Penelitian dalam asuhan keperawatan dapat membantu mengedintifikasi serta mengembangkan teori-teori keperawatan yang merupakan dasar praktek keperawatan. Menunjang pengembangan method dan teknik baru dala asuhan keperawatan dan ikut dala penelitian yang ada kaitannya dengan perawatan kesehatn masyarakat.



Sumber :
Catatan Kuliah Perawatan Kesehatan Komuniti Dalam Konteks Pelayanan Kesehatan. Akper Depkes Yogyakarta Tahun 1994.
Dosen : Maria H. Bakri, SKM dan Induniasih, S.Kp

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar